OPTIMALKAN PENJUALAN, HARUS BISA BEDAKAN MARKETING DAN SALE

Surabaya,- www.jatimexpo.id PT. Panca Wira Usaha (PWU) sebagai Badan Usaha Milik Provinsi Jawa Timur, terus meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Bahkan dalam acara Laporan Kinerja Triwulan Pertama, Management PWU sengaja mengundang Pembicar praktisi pemasaran.

Acara yang berlangsung di Meeting Room JX-International (Minggu, 21/04/2019) mengambil tema “Strategi Pemasaran 2019”. Sebagai pembicara tunggal pada acara yang berlangsung hingga malam itu, Mufid Wahyudi, enterprener Surabaya yang berhasil membabawa Black Kanyon sukses di Indonesia.

Menurut mantan Ketua Perhimpulan Pengusaha Periklanan Indonesia (P3I) Jawa Timur ini, kondi pemasaran produk usaha hari ini, sebelumnya dan akan datang sangat berbeda. Oleg karena itu diharapkan sebuah dunia usaha harus melakukan “up-date” terhadap kondisi global serta model-model pemasaran terkini.

“Sekarang ada pengusaha Transportasi terkenal, tetapi tidak perlu memiko kendaraan. Pengusaha penginapan dengan omzet milyaran, tanpa membangun Hotel. Pengusaha Biro perjalanan udara sukses, juga tanpa membeli pesawat. Itu semua ada di jaman sekarang, dan itu tidak mungkin ada di jaman dahulu”, kata Mufid.

Pria kelahiran Ketintang Surabaya ini menambahkan, dunia on-line adalah sebuah keniscyaan. Apapun bentuk usahanya, harus ikut belajar dan memamfaatkan komunikasi on-line sebagai media promosi dan sekaligus meng-update berbagai ilmu pengetahuan berkait dengan usaha yang digeluti. “Semua produk yang Anda hasilkan, sekarang bisa diakses orang dari seluruh Indonesia. Namun untuk mencapai ke sana, tentu perlu persiapan yang matang, juga pengetahuan yang cukup agar tidak tergilas yang lain”, tambah Mufid.

Pemberiaan materi langsung yang santai, membuat para peserta dari 8 Anak Perusahaan di PWU tidak mengantuk. Mereka cukup antusias, apalagi saat Mufid juga melemparkan sejumlah perntayaan tentang bedanya “Marketing” dan “Sale”. “Akibat tidak bisa membedakan Marketing dan Sale, banyak perusahaan yang tidak efektif. Bahkan kerjane juga tumpang tindih. Ada juga yang kurang perhatian atas keduanya”, jelas Mufid.

Mufid menambahkan, “Marketing” adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merancanakan produk, menerapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan produk yang bertujuan memuaskan konsumen. Sedangkan “Sales” adalah kegiatan yang berfokus hanya pada penjualan produk, dan bertjuan untuk meningkatkan penjualan produk. Marketing lebih panjang dan kompleks dari Sale” (has)